Pengaruh Kemandirian Siswa dalam Mengerjakan Tugas terhadap Hasil Belajar IPA Kelas 3 SD

Maulidiyah, Zahra Wardah (2024) Pengaruh Kemandirian Siswa dalam Mengerjakan Tugas terhadap Hasil Belajar IPA Kelas 3 SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7 (3). pp. 3234-3239. ISSN 2614-8854

[img] Text
Lembar Persetujuan Publikasi Jurnal Zahra img20250522_15354368_38.pdf

Download (350kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
4228

Download (27kB)
Official URL: https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh dalam penerapan pola kemandirian terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas 3 UPT SDN 78 Gresik. Jumlah populasi siswa yaitu 17 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data angket. Metode penelitian ini menggunakan data Ordinal.Hasil penelitian ini diketahui nilai signifikan ± 90% siswa mengalami peningkatan hasil belajar karena adanya pengaruh pola kemandirian. Dari pernyataan tersebut dapat dinyatakan pengaruh pola kemandirian terhadap hasil belajar sangat dibutuhkan, selain mempengaruhi terhadap hasil belajar kemandirian juga memberi bekal kedisiplinan bagi siswa untuk kedepannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Influence; Independence; Learning Outcomes.
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Zahra Wardah Maulidiyah
Date Deposited: 26 May 2025 04:02
Last Modified: 26 May 2025 04:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13776

Actions (login required)

View Item View Item