Pengembangan Usaha Jasa Pencucian Sepatu "3ROOTS.CARE" di GKB, Kabupaten Gresik Menggunakan Analisis SWOT

Hidajat, Muhammad Rifky (2025) Pengembangan Usaha Jasa Pencucian Sepatu "3ROOTS.CARE" di GKB, Kabupaten Gresik Menggunakan Analisis SWOT. Co-Value: Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 15 (8). pp. 1-13. ISSN 2809-8862

[img] Text
PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL MUHAMMAD RIFKY HIDAJAT.pdf

Download (290kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
hasyim,+Co+value+-+File+Publish+2+-+Muhammad+Rifky+Hidajat_rev.pdf

Download (571kB)
Official URL: https://journal.ikopin.ac.id/index.php/covalue/art...

Abstract

Penelitian ini menganalisis bagaimana taktik pemasaran memengaruhi kemampuan sektor jasa pencucian sepatu dalam bersaing menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats). Fokus penelitian ini adalah pada jasa pencucian sepatu di GKB, Gresik, yang dijadikan partisipan studi kasus. Pendekatan kualitatif diterapkan dalam penelitian ini melalui analisis dokumen, wawancara mendalam, dan observasi. Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) serta eksternal (peluang dan ancaman) yang memengaruhi daya saing dan strategi pemasaran dari Utama Laundry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang menggabungkan bauran pemasaran (produk, harga, promosi, dan lokasi) berpengaruh terhadap daya saing utama jasa pencucian sepatu. Konsekuensi manajerial dari penelitian ini mencakup perlunya menciptakan kampanye pemasaran yang efektif untuk meningkatkan daya saing perusahaan jasa pencucian sepatu, dengan cara mengoptimalkan keunggulan dan kekuatan yang dimiliki, serta mengurangi ancaman dan kelemahan yang ada. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya inovasi pemasaran berbasis analisis SWOT untuk meningkatkan daya saing dan efisiensi usaha. Implikasi manajerial mencakup panduan strategis bagi UMKM dalam menghadapi tantangan dan peluang, sementara implikasi kebijakan mendorong dukungan pemerintah melalui pelatihan kewirausahaan dan akses teknologi. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur strategi pemasaran UMKM, khususnya dalam sektor jasa kebersihan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: jasa cuci sepatu, strategi pengembangan, analisis SWOT, strategi pemasaran
Subjects: Economic And Business
Economic And Business > Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Economic and Business > Entrepreneurship Study Program
Depositing User: Muhammad Rifky Hidajat
Date Deposited: 20 Jun 2025 02:36
Last Modified: 20 Jun 2025 02:36
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13808

Actions (login required)

View Item View Item