PENGARUH MINAT PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PESERTA DIDIK DI KELAS IV MI AL FALAH SEMBAYAT

ZAIDY, MUHAMMAD (2014) PENGARUH MINAT PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PESERTA DIDIK DI KELAS IV MI AL FALAH SEMBAYAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (ZAIDY).pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (ZAIDY).pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (ZAIDY).pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
BAB IV (ZAIDY).pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img]
Preview
Text
BAB V (ZAIDY).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Menurut Yuni Satia (2012) tugas guru matematika adalah menjadikan matematika sebagai pelajaran yang menyenangkan. Guru harus mampu membangun minat belajar peserta didik di bidang matematika, memberikan motivasi serta mendampingi peserta didik ketika menghadapi kesulitan. Terutama guru matematika SD harus dapat memberikan dasar pijakan berpikir yang benar dengan cara yang menyenangkan sehingga peserta didik memiliki minat belajar matematika sejak awal, yaitu sejak dalam pendidikan dasar. Salah satu alternative yang bisa dilakukan oleh guru dalam menjadikan matematika sebagai pelajaran yang menyenangkan adalah dengan memanfaatkan media. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat penggunaan media computer terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat peserta didik dikelas IV MI Al Falah Sembayat tahun pelajaran 2013-2014. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV sedangkan sampel penelitian adalah peserta didik kelas IV A yang terdiri dari 32 peserta didik yang dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket minat peserta didik dengan tes hasil belajar matematika. Pembelajaran yang dilakukan di kelas sampel adalah pembelajaran menggunakan media computer program Ms-Excel. Hasil dari analisis data di dapatkan persentase minat peserta didik sebesar 81,6875 %, berdasarkan kriteria minat, hal tersebut menunjukkan minat yang sangat baik. Dari hasil analisis regresi linear sederhana diketahui bahwa persamaan regresinya Y = 0,270 + 0,974X artinya setiap kenaikan satu skor minat penggunaan media komputer program ms-excel (variabel X) akan diikuti oleh kenaikan hasil belajar (variabel Y) sebesar 0,974 dan pada konstanta 0,270. Uji hipotesis pada uji F dan uji t menghasilkan nilai p-value (sig) < α pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh minat penggunaan media komputer program ms-excel terhadap hasil belajar peserta didik. Harga koefisien korelasi R = 0,548, merupakan korelasi yang sedang. Ini berarti tingkat hubungan antara minat penggunaan media komputer program ms-excel terhadap hasil belajar adalah sedang. Sedangkan untuk koefisien determinasi R2 = 0,300 . artinya minat penggunaan media komputer program ms-excel mempengaruhi sekitar 30 % perubahan hasil belajar peserta didik, 70 % sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan/diteliti.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:28
Last Modified: 28 Jun 2019 02:28
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1416

Actions (login required)

View Item View Item