EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SCAFFOLDING PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 5 BUNGAH

PUJININGTYAS, NORMA RAHAYU (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SCAFFOLDING PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 5 BUNGAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Di dalam proses pembelajaran, masih banyak ditemukan peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami suatu konsep matematika yang bersifat abstrak, sehingga masih banyak peserta didik yang tidak dapat menyelesaikan soal-soal matematika, terutama dalam materi operasi hitung bentuk aljabar. Sebagai seorang guru sebaiknya dapat mengenali dan memahami kesulitan- kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik. Salah satu teori yang membahas tentang tingkat kesulitan dan konsep pemberian bantuan adalah teori belajar konstruktivisme Vygotsky, dimana ada dua konsep penting dalam teori ini yaitu Zone of Proximal Development (ZPD) dan Scaffolding. Dengan menggunakan metode Scaffolding pada materi operasi hitung bentuk aljabar berarti memberikan kepada peserta didik sejumlah bantuan selama tahap awal pembelajaran dan kemudian mengurangi bantuan tersebut dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengambil alih tanggung jawab yang semakin besar, segera setelah mampu mengerjakan sendiri. Bantuan yang diberikan oleh guru dapat berupa petunjuk, peringatan, dorongan, menguraikan masalah ke dalam bentuk lain yang memungkinkan peserta didik dapat mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan metode Scaffolding pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Bungah tahun ajaran 2013 – 2014 yang terdiri dari 32 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket. Instrument penelitian pada penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, tes hasil belajar, dan lembar angket respon peserta didik. Hasil penelitan pembelajaran matematika menggunakan metode Scaffolding pada materi operasi hitung bentuk aljabar menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dikatakan baik, aktivitas peserta didik dikatakan baik, hasil belajar peserta didik tercapai, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode Scaffolding dapat dikatakan baik. Karena keempat indikator telah tercapai semua maka pembelajaran matematika menggunakan metode Scaffolding pada materi operasi hitung bentuk aljabar dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:29
Last Modified: 28 Jun 2019 02:29
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1422

Actions (login required)

View Item View Item