YUSUF, NURBANI (2014) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBENTUK MODEL BERGAMBAR PADA MATERI BILANGAN DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 1 GIRI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (432kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
Sebagian besar peserta didik menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Selain itu penjelasan materi dan tugas-tugas yang diberikan pendidik terlalu banyak dan kurang menarik minat dan perhatian peserta didik. Untuk itu seorang pendidik harus dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan memancing aktivitas peserta didik dalam mengerjakan tugas-tugasnya seperti menyelesaikan soal-soal di dalam LKS tanpa adanya rasa terpaksa dari peserta didik. Salah satu alternatif bagi peserta didik yaitu belajar dengan menggunakan LKS berbentuk model bergambar yang di dalamnya terdapat materi/konsep serta soal-soal latihan yang disajikan dengan berbagai gambar dan warna yang menarik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan LKS berbentuk model bergambar pada materi bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III-A yang berjumlah 21 peserta didik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah model Pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Hasil pengembangan dikatakan layak apabila memenuhi tiga aspek yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan pada pembelajaran matematika. Hal ini diperoleh dari hasil pengembangan LKS berbentuk model bergambar yang memenuhi tiga aspek. LKS berbentuk model bergambar dinyatakan valid (dengan rata-rata total kriteria ≥ 4), praktis menurut para ahli, dan efektif (dengan prosentase rata-rata aktivitas peserta didik yang aktif yaitu 66,35%, hasil ketuntasan belajar klasikal peserta didik mencapai 90,5% dan hasil respon peserta didik mencapai 92,39%).
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 03:14 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 03:14 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1424 |
Actions (login required)
View Item |