RUSMIATI, RUSMIATI (2014) PEMBELAJARAN METODE RESITASI PADA MATERI BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS IV SDN GENDING GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Peranan penting dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dapat melalui bidang pendidikan salah satunya adalah pendidikan matematika. Matematika merupakan ilmu yang berperan dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu pemecahan masalah perlu diterapkan sejak Sekolah Dasar. Salah satu masalah yang ada pada kelas IV SDN Gending Gresik adalah siswa mengalami kesulitan belajar dalam memahami bilangan pecahan. Untuk itu diperlukan sebuah metode pembelajaran yang dapat mengatasi hal tersebut salah satunya adalah menggunakan metode resitasi. Sebuah metode yang membutuhkan peran aktif dari seluruh siswa khususnya dalam mengerjakan setiap tugas yang diberikan oleh guru baik secara individu maupun kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil kemampuan guru dan hasil ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran metode resitasi pada materi bilangan pecahan siswa kelas IV SDN Gending Gresik. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu salah satu jenis penelitian yang bertujuan menunjukkan gambaran secara lengkap gejala fakta yang terjadi dalam proses pembelajaran. Subyek penelitian sebanyak 44 siswa. Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah berupa lembar pengamatan kemampuan guru dan tes hasil belajar siswa. Dari pengamatan ini peneliti mendapatkan hasil bahwa rata-rata nilai kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan metode resitasi adalah 83,9 yaitu berada diantara skala 70-84 artinya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran metode resitasi adalah baik. Sedangkan ketuntasan belajar siswa menunjukkan bahwa dari 44 siswa, terdapat 36 siswa mendapat nilai ≥ 70 dan 8 siswa yang nilainya ≤ 65, sehingga ketuntasan siswa secara klasikal mencapai 82 %, sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan metode resitasi, ketuntasan belajar siswa adalah tuntas
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 03:15 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 03:15 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1427 |
Actions (login required)
View Item |