PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGANMEDIA PAPAN BERPAKU DAN KEONG GEOMETRI PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS II SDN I SEKAPUK UJUNGPANGKAH

MARDHIYAH, SHOLIKHATUL (2014) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGANMEDIA PAPAN BERPAKU DAN KEONG GEOMETRI PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS II SDN I SEKAPUK UJUNGPANGKAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
6. abstrak.pdf

Download (151kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (566kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (347kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penggunaan model dan media pembelajaran oleh guru dalam proses belajar mengajar akan mempengaruhi pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik. Persoalan matematika yang sering dihadapi peserta didik adalah manganggap matematika adalah pelajaran yang rumit dan kurang menarik. Di SDN I Sekapuk masih banyak ditemui peserta didik yang masih kurang pemahamannya terhadap materi bangun datar dan pembelajaran yang sering menggunakan metode ceramah yang selalu berpusat pada guru. Kesulitan tersebut terletak pada peserta didik yang pasif, malas, kurang termotivasi, dan kurangnya akan pemahaman konsep tentang materi bangun datar. Melihat kondisi tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru, aktivitas peserta didik, respon peserta didik serta hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain “One Shot Case Study” dimana suatu kelas di SDN I Sekapuk dikenakan suatu pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media papan berpaku dan keong geometri. Setelah itu dilakukan pendeskripsian terhadap kemampuan guru, aktivitas peserta didik, respon peserta didik serta hasil belajar peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode angket serta metode tes. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket, dan lembar tes hasil belajar. Setelah data didapat dan dianalisis, maka hasilnya adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik. Aktivitas peserta didik termasuk dalam kategori baik. Respon peserta didik secara keseluruhan terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media papan berpaku dan keong geometri termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal telah tercapai.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:22
Last Modified: 28 Jun 2019 03:22
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1428

Actions (login required)

View Item View Item