HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 GRESIK

HASANAH, IRODATUL (2014) HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang juga tinggi. Namun, pada kenyataannya terdapat siswa dengan Kecerdasan Intelektual (IQ) tinggi memiliki prestasi belajar yang rendah. Sedangkan siswa dengan Kecerdasan Intelektual (IQ) biasa saja dapat memiliki kesempatan untuk berprestasi tinggi apabila didukung dengan usaha rajin belajar. Faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah Kecerdasan Emosional didukung oleh penelitian yang dilakukan Goleman yang memperoleh hasil bahwa Kecerdasan Intelektual (IQ) hanya menyumbang 20% bagi kesuksesan, sedangkan 80% adalah sumbangan faktor lain diantaranya Kecerdasan Emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak ada hubungan tingkat kecerdasan emosional dengan tingkat prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Kecerdasan emosional adalah kemampuan memantau dan mengendalikan perasaan sendiri dan orang lain, serta menggunakan perasaan-perasaan itu untuk memandu pikiran dan tindakan, sedangkan prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh seseorang setelah mengikuti pendidikan atau pelatihan tertentu, dapat ditentukan dengan memberikan tes pada akhir pelajaran. Bila siswa memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, maka akan meningkatkan prestasi belajar. Hipotesis alternative (Ha) dalam penelitian ini adalah ada hubungan tingkat kecerdasan emosional dengan tingkat prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gresik dan hipotesis nol (Ho) ditolak atau tidak ada hubungan tingkat kecerdasan emosional dengan tingkat prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah tingkat kecerdasan emosional sedangkan tingkat prestasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gresik yang berjumlah 122 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasi. Nilai korelasi yang diperoleh pada analisis validitas instrument dengan rumus korelasi product moment dari pearson berkisar antara 0,300 sampai 0,655 dan p = 0,007. Berdasarkan pada taraf signifikan 0,05 diperoleh 62 item valid dan 14 item gugur dari 76 item yang ada pada skala kecerdasan emosional. Nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh 0,62 dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,243 dengan p = 0,007 ; <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan tingkat kecerdasan emosional dengan tingkat prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gresik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Psychology > Philosophy
Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 01 Jul 2019 01:41
Last Modified: 01 Jul 2019 01:41
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1475

Actions (login required)

View Item View Item