Ningtiyas, Nur aizah Ratih (2024) Pengaruh Metode Talaqi Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal At-Ta’bir : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2 (2). pp. 6-11. ISSN 3031-3030
![]() |
Text
3.Lembar Persetujuan Publikasi - Nur Aizah Ratih Ningtiyas.pdf Download (911kB) |
![]() |
Text (Artikel Publikasi)
2.Artikel - Nur Aizah Ratih N, Noor Amirudin.pdf Download (243kB) |
Abstract
Sekolah Dasar merupakan lembaga pendidikan untuk anak-anak sekaligus sebagai rumah kedua bagi mereka untuk mengembangkan potensi, belajar beradaptasi dengan dunia luar, mengenal berbagai macam karakter terutama belajar al-Qur’an. Metode yang dapat digunakan dalam menghafal al-Qur’an tersebut harus tepat karena ditemukan permasalahan terkait metode, untuk itu penelitian ini difokuskan pada metode talaaqi dalam peningkatan kemampuan membaca al- Qur’an. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang akan dibagikan kepada siswa. Hasil penelitian ini dapat diungkapkan bahwa dari data kuisioner dan 10 responden siswa-siswi kelas 5 SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik, motode talaqqi dapat meningkatkan kemammpuan membaca al-Qur’an. 70% siswa menyatakan setuju dan 30% siswa menyatakan sangat setuju terkait metode talaqqi dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Talaqqi; Al-Qur'an ; Sekolah Dasar |
Subjects: | Islamic Education Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | Nur Aizah Ratih Ningtiyas |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 03:02 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 03:02 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |