Implementasi Ekspositori Sebagai Strategi Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Negeri 1 Tlogo Patut Gresik

Jayani, Dwi (2016) Implementasi Ekspositori Sebagai Strategi Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Negeri 1 Tlogo Patut Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Daftar Pustaka 1.pdf

Download (217kB)

Abstract

Pendidikan agama Islam adalah sebuah usaha yang dilakukan secara sadar oleh pihak yang memliki tanggung jawab terhadap pembinaan, bimbingan, pengembangan serta pengarahan potensi yang dimiliki anak. Penyampaian materi pada peserta didik berkebutuhan khusus diberikan dengan lebih bervariasi. Tidak hanya bervariasi pada materinya tetapi juga pada metode, media, evaluasi serta strategi pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis implementasi ekspositori sebagai strategi pembelajaran materi pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus di SD Negeri 1 Tlogo Patut, (2) mendeskripsikan dan memaparkan respon peserta didik dalam implementasi ekspositori sebagai strategi pembelajaran materi pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SD Negeri 1 Tlogo Patut, (3) mendeskripsikan dan menganalisis ketuntasan belajar peserta didik berkebutuhan khusus dalam implementasi ekspositori sebagai strategi pembelajaran materi pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SD Negeri 1 Tlogo Patut. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif atau kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel kualitatif snowball sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui, wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah diperoleh akan dianalisis menggunakan metode analisis data kualitatif yang meliputi: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) implementasi strategi ekspositori pada materi PAI yang diterapkan baik Guru materi PAI maupun Guru Pendamping berdampak baik kepada kognitif peserta didik berkebutuhan khusus. Pada implementasi strategi ekspositori, aktivitas peserta didik berkebutuhan khusus di kelas V dapat dikatakan baik, (2) respon peserta didik berkebutuhan khusus kelas V terhadap materi PAI menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dapat dikatakan baik, (3) ketuntasan belajar peserta didik berkebutuhan khusus kelas V terhadap materi PAI menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dapat dikatakan baik. Kata Kunci: Implementasi strategi ekspositori, peserta didik berkebutuhan khusus, Materi PAI, Sekolah Dasar, Inklusi

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Islamic Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2018 07:51
Last Modified: 06 Mar 2019 06:41
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item