Maulana, Iqbal (2025) Analisis Pengaruh Shark Fin Terhadap Aerodinamika Mobil Jenis Urban Dengan Simulasi Computational Fluid Dynamics Pada Software Ansys Workbench. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (710kB) |
|
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (561kB) |
|
|
Text
Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah Untuk Kepentingan Akademik.pdf Download (688kB) |
|
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (761kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (107kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (665kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (97kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (242kB) |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (713kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas pengaruh aliran eksternal yang melintasi kendaraan mobil. Mobil memiliki karakteristik yang spesifisik dengan adanya tambahan aksesoris Shark Fin (SF) yang akan diletakkan dibagian depan atas mobil yang fungsinya sebagai penyeimbang dan pemecah aliran udara yang melintasi mobil. Tujuan utama nya agar mobil bisa melaju kencang tanpa hambatan udara. Sehingga sangat penting untuk mengetahui nilai Coefficient of Drag dan Coefficient of Lift pada mobil jenis urban tersebut. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Model mobil yang di simulasi menggunakan body urban car. Variasi yang akan diperbandingkan (a. Urban non Shark Fin (SF) b. Urban Shark Fin (SF) 58 mm c. Urban Shark Fin (SF) 68 d. Urban Shark Fin (SF) 78 mm). Variasi kecepatan yang akan digunakan (11.11 m/s, 16.66 m/s, 22.22 m/s, 27.77 m/s). Hasil simulasi menunjukkan bahwa urban dengan tambahan aksesoris Shark Fin (SF) ukuran 78 x 175 x 57 mm memiliki nilai Coefficient of Drag yang cukup baik dengan nilai 0,249 N pada kecepatan 22.22 m/s (kecepatan maksimal antar kota) lalu Shark Fin (SF) ukuran 68 x 153 x 50 mm yang memiliki kestabilan vertikal yang cukup baik dengan menurunkan Coefficient of Lift hingga nilai -0,1763 N pada kecepatan 11.11 m/s (kecepatan rata-rata pada pemukiman dan perkotaan).
| Item Type: | Thesis (undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Shark Fin (SF), Coefficient of Drag, CFD |
| Subjects: | Engineering > Machine Engineering Engineering |
| Divisions: | Faculty of Engineering > Machine Engineering Study Program |
| Depositing User: | Iqbal Maulana |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 04:04 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 04:04 |
| URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
