HENDARTO, RACHMAT BAGUS (2014) SISTEM EVALUASI TINGKAT SERAPAN MATA KULIAH PENGENALAN POLA DENGAN FUZZY C-MEANS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
2 FIX.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
3 FIX.pdf Download (726kB) | Preview |
|
Text
4 FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
|
Text
5 FIX.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Evaluasi merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses kegiatan belajar mengajar, dari hasil evaluasi inilah bisa terlihat sejauh mana tingkat keberhasilan dari suatu sistem pembelajaran dan jika ada kegagalan atau kekurang berhasilan suatu sistem pembelajaran maka akan diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi kekurangan dan ketidak berhasilan tersebut. Untuk melakukan evaluasi, bisa dilakukan dengan cara mengelompokan mahasiswa berdasarkan tingkat hasil serapan materi mata kuliah dan metode yang digunakan adalah Fuzzy Cluster Means (FCM). Untuk jumlah kelompok yang optimum didapatkan dengan mengunakan index Xie Beni. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner penelitian pada Mahasiswa teknik informatika Muhammadiyah Gresik semester 6 dengan 7 variabel materi yang ada pada mata kuliah pengenalan pola. Dengan hasil dari proses menggunakan metode Fuzzy C-Means ini hasil dari sistem menunjukkan pengelompokkan untuk 3 kelompok adalah pengelompokan yang paling optimum hal itu didukung dengan nilai fungsi paling minimum yang ditunjukkan oleh index xb sebesar 0,14965 . dan tingkat ketelitian dari sistem evaluasi ini adalah 79 % jika dibandingkan dengan perhitungan data yang ada pada lapangan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Informatics Engineering Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 07:09 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 07:09 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1563 |
Actions (login required)
View Item |