EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI ARIAS DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA SUB MATERI POKOK HIMPUNAN KELAS VII-A SMP MU’ALLIMAT NU GRESIK

ILMIAH, FADHILATUL (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI ARIAS DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA SUB MATERI POKOK HIMPUNAN KELAS VII-A SMP MU’ALLIMAT NU GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (58kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya motivasi peserta didik. Motivasi ini sangat dibutuhkan peserta didik pada keseluruhan proses pembelajaran. Untuk itu perlu adanya inovasi strategi dan model pembelajaran, sehingga pembelajaran tersebut bisa efektif. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah strategi ARIAS dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik selama pembelajaran, ketuntasan belajar peserta didik, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran yang menggunakan strategi ARIAS dalam pembelajaran kooperatif Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan rancangan ”One short case study”. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-A SMP Mu’allimat NU yang berjumlah 36 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket dengan instrumen penelitian lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, soal tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik, aktivitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran dengan strategi ARIAS dalam pembelajaran kooperatif Jigsaw dikatakan aktif, ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal pada pembelajaran dengan strategi ARIAS dalam pembelajaran kooperatif Jigsaw adalah tuntas, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan strategi ARIAS dalam pembelajaran kooperatif Jigsaw adalah positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi ARIAS dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada sub materi pokok Himpunan di kelas VII-A SMP Mu’allimat NU Gresik dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 05 Jul 2019 04:10
Last Modified: 05 Jul 2019 04:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1713

Actions (login required)

View Item View Item