Mahmudah, Indah Jamiyatul (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII MTs NEGERI GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I fix.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II fix.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III fix.pdf Download (122kB) | Preview |
|
Text
BAB IV fix.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
||
|
Text
BAB V fix.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (22kB) | Preview |
Abstract
Upaya peningkatan mutu pendidikan tidak lepas dari penerapan model pembelajaran yang kreatif, inovatif dan dapat menumbuhkan antusias peserta didik dalam belajar. Pemilihan model pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar sangatlah penting, karena hal ini akan mempengaruhi tingkat pemahaman dan prestasi peserta didik di dalam belajarnya. Salah satu model pembelajaran yang berdasarkan paham konstruktivis adalah model pembelajaran kooperatif, yang merupakan strategi pembelajaran dengan sejumlah peserta didik sebagai anggota kelompok kecil yang tingkat kemampuannya berbeda. Dan salah satu tipe pembelajaran kooperatif adalah Group Investigation. Dimana dalam penerapannya melibatkan peserta didik mulai dari awal hingga akhir pembelajaran diserta dengan adanya investigasi atau penyelidikan yang dilakukan peserta didik terhadap topik tertentu. Selama ini, kebanyakan peserta didik hanya menghafal rumus luas permukaan prisma dan limas tanpa mengetahui konsep dasarnya. Dengan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan bimbingan dari guru, peserta didik diharapkan dapat menemukan rumus luas permukaan prisma dan limas dengan melakukan penyelidikan yang mendalam bersama anggota kelompoknya. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII G yang berjumlah 36 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan instrumen penelitian lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dan lembar pengamatan aktivitas peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dikategorikan sangat baik. Dan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation memenuhi kriteria baik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 04:11 |
Last Modified: | 05 Jul 2019 04:11 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1721 |
Actions (login required)
View Item |