Agustina, Lia (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AIR DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 2 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (431kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Interaksi belajar mengajar yang baik adalah guru tidak mendominasi di kelas, tetapi membantu menciptakan kondisi yang kondusif serta memberikan motivasi dan bimbingan agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dan kreativitasnya melalui kegiatan belajar. Oleh karena itu dalam pembelajaran, faktor keaktifan sebagai subjek belajar sangat menentukan. Sementara itu, sebagian peserta didik beranggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit. Hal inilah yang menjadikan mereka takut dan malas untuk belajar matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengurangi ketakutan pada peserta didik adalah dengan menggunakan suatu model pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe AIR merupakan salah satu dari model pembelajaran inovatif yang digunakan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik antara menggunakan pembelajaran kooperatif tipe AIR dengan pembelajaran langsung pada materi bangun datar segi empat di kelas VII SMPN 2 Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas reguler yaitu kelas VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, dan VIII G SMPN 2 Gresik tahun pelajaran 2012-2013. Sedangkan sampel penelitian adalah kelas VII D dan VII E yang dipilih secara acak setelah melakukan uji homogenitas. Instrumen penelitian ini yaitu soal tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari data yang terkumpul dan diadakan analisis menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t dua sampel independen. Sehingga didapatkan nilai sig (0,005) < ∝ (0,05) pada tabel Levenne‟s Test uji hipotesis. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar peserta didik antara menggunakan pembelajaran kooperatif tipe AIR dengan pembelajaran langsung pada materi bangun datar segi empat di kelas VII SMPN 2 Gresik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 07:11 |
Last Modified: | 05 Jul 2019 07:11 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1726 |
Actions (login required)
View Item |