PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AIR DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 2 GRESIK

Agustina, Lia (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AIR DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 2 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Interaksi belajar mengajar yang baik adalah guru tidak mendominasi di kelas, tetapi membantu menciptakan kondisi yang kondusif serta memberikan motivasi dan bimbingan agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dan kreativitasnya melalui kegiatan belajar. Oleh karena itu dalam pembelajaran, faktor keaktifan sebagai subjek belajar sangat menentukan. Sementara itu, sebagian peserta didik beranggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit. Hal inilah yang menjadikan mereka takut dan malas untuk belajar matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengurangi ketakutan pada peserta didik adalah dengan menggunakan suatu model pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe AIR merupakan salah satu dari model pembelajaran inovatif yang digunakan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik antara menggunakan pembelajaran kooperatif tipe AIR dengan pembelajaran langsung pada materi bangun datar segi empat di kelas VII SMPN 2 Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas reguler yaitu kelas VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, dan VIII G SMPN 2 Gresik tahun pelajaran 2012-2013. Sedangkan sampel penelitian adalah kelas VII D dan VII E yang dipilih secara acak setelah melakukan uji homogenitas. Instrumen penelitian ini yaitu soal tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari data yang terkumpul dan diadakan analisis menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t dua sampel independen. Sehingga didapatkan nilai sig (0,005) < ∝ (0,05) pada tabel Levenne‟s Test uji hipotesis. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar peserta didik antara menggunakan pembelajaran kooperatif tipe AIR dengan pembelajaran langsung pada materi bangun datar segi empat di kelas VII SMPN 2 Gresik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 05 Jul 2019 07:11
Last Modified: 05 Jul 2019 07:11
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1726

Actions (login required)

View Item View Item