PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ANTARA YANG MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN CONGKLAKBIL-BUL PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS V SDN 3 SIDOKUMPUL GRESIK

LISTIQRORIYAH, LISTIQRORIYAH (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ANTARA YANG MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN CONGKLAKBIL-BUL PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS V SDN 3 SIDOKUMPUL GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit dan membosankan bagi peserta didik. Penting bagi seorang guru dapat menciptakan suasana pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan. Pada penelitian ini peneliti akan melakukan penelitian dengan menggunakan media Macromedia Flash dengan Congklak Bil-bul. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan media Macromedia Flash dengan Congklak Bil-bul pada materi operasi hitung bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatifdenganpopulasi peserta didik kelas V SDN 3 Sidokumpul Gresik tahun pelajaran 2013-2014. Sedangkan sampel dari penelitaian ini adalah kelas V A dan V B dan pengambilan sampel penelitian tersebut menggunakan teknik Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah validitas instrumen dan reliabilitas instrumen. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai tes hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Macromedia Flash dengan Congklak Bil-bul.Dalam membandingkan tes hasil belajar, peneliti menggunakan uji-t dua sampel independen (Independent-samples t test). Hasil analisis data diperoleh yaitu angka sig = 0,024 < dari α = 0,05 artinya H0 ditolak atau ada perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan menggunakan media Macromedia Flash dengan Congklak Bil-bul pada materi operasi hitung bilangan bulat kelas V SDN 3 Sidokumpul Gresik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 05 Jul 2019 07:12
Last Modified: 05 Jul 2019 07:12
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1727

Actions (login required)

View Item View Item