Mukrimah, Umriyatul (2013) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP TINGKAT KOMPETENSI GURU DENGAN TINGKAT MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK DHARMA WANITA GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
abstrak.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI BAB I.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI BAB II.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI BAB III.pdf Download (127kB) | Preview |
|
Text
SKRIPSI BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
||
|
Text
SKRIPSI BAB V.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang hubungan antara persepsi siswa terhadap tingkat kompetensi guru dengan tingkat minat belajar siswa. Minat belajar adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan yang mendorong seseorang untuk belajar. Proses belajar dan hasil belajar para siswa bukan saja ditentukan oleh sekolah, pola, struktur, dan isi kurikulumnya. Akan tetapi sebagian besar ditentukan oleh kompetensi guru yang mengajar dan membimbing mereka. Guru yang kompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif, menyenangkan dan akan lebih mampu mengelola kelasnya, sehingga siswa minat dalam proses belajar mengajar. Seorang guru dalam menjalankan tugasnya perlu memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial. Keempat kompetensi itu adalah faktor yang dapat mempengaruhi minat siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi siswa terhadap tingkat kompetensi guru dengan tingkat minat belajar siswa kelas XI di SMK Dharma Wanita Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan karakteristik permasalahannya, penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasional.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Dharma Wanita Gresik yang berjumlah 97 sehingga peneliti menggunakan sampling jenuh dalam sample penelitian.Metode pengumpulan data untuk mengetahui tingkat kompetensi guru dengan tingkat minat belajar siswa dilkukan dengan menggunakan pengisian kuisioner.Sedangkan reliabilitas diuji dengan menggunakan formula Alpha Cronbach. Data kedua variabel ini diolah dengan menggunakan analisis korelasi product moment dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan r = 0,659, p = 0,000 , p < 0,05. Taraf signifikansi p = 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, “terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap tingkat kompetensi guru dengan tingkat minat belajar siswa kelas XI di SMK Dharma Wanita Gresik”.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology > Philosophy Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 08 Jul 2019 03:53 |
Last Modified: | 08 Jul 2019 03:53 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1783 |
Actions (login required)
View Item |