PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU KOPI ARABIKA DENGAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (STUDI KASUS : PT. Harum Alam Segar)

CHAMDI, MOHAMMAD (2017) PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU KOPI ARABIKA DENGAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (STUDI KASUS : PT. Harum Alam Segar). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT 2.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I (Pemilihan Supplier Bahan Baku Kopi Aarbika Dengan Metode ANP).pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II (Pemilihan Supplier Bahan Baku Kopi Arabika Dengan Metode ANP).pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III (Pemilihan Supplier Bahan Baku Kopi Arabika Dengan Metode ANP).pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text
5. BAB IV (Pemilihan Supplier Bahan Baku Kopi Arabika Dengan Metode ANP).pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img]
Preview
Text
6. BAB V (Pemilihan Supplier Bahan Baku Kopi Arabika Dengan Metode ANP).pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB VI Pemilihan Supplier Bahan Baku Kopi Arabika Dengan Metode ANP).pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA (Pemilihan Supplier Kopi Arabika Metode ANP).pdf

Download (33kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Harum Alam Segar adalah perusahaan yang bertempat di Gresik, perusahaan ini bergerak dibidang industri penghasil produk kopi instant. Pada saat ini perusahaan memiliki tiga supplier dalam pengadaan bahan baku kopi arabika, dimana kopi arabika ini merupakan bahan baku yang paling banyak digunakan dalam produksi berbagai varian rasa. Terdapat beberapa masalah dalam pembelian bahan baku kopi arabika kepada supplier diantaranya adalah supplier mengalami keterlambatan pengiriman dan jumlah kedatangan bahan baku tidak sesuai dipesan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penelitian bertujuan untuk memilih supplier kopi arabika pada perusahaan dengan menggunakan kriteria Quality, Cost, Delivery, Flexibility, dan Responsivness. Dalam penelitian ini menggunakan metode Analytic Network Process (ANP) yang merupakan pengembangan dari metode Analytic Hieracy Process (AHP). Pada metode ANP ini mampu memperbaiki kelemahan dari metode AHP. Metode ANP ini mampu mengakomodasi keterkaitan antar kriteria atau alternatif. Keterkaitan pada metode ANP ada dua jenis yaitu keterkaitan dalam satu set elemen (inner dependence) dan keterkaitan antar elemen yang berbeda (outer dependence). Adanya keterkaitan tersebut ANP lebih kompleks dibaning metode AHP. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP). Masing-masing kriteria mempunyai bobot sebagai berikut Quality (0.083317), Cost (0.033849), Delivery (0.149509), Flexibility (0.092517), dan Responsivness (0.140488), hal ini mengandung arti bahwa kriteria kriteria Cost dan Delivery merupakan kriteria yang terpenting diantara kriteria yang lain. Sedangkan hasil evaluasi suppliernya adalah bobot untuk PT. Surya Makmur Tunggal Mandiri sebesar 0.081265, PT. Inti Baru Sejahtera sebesar 0.059487, dan Kopi Import Brazil sebesar 0.055546. Berdasarkan hasil tersebut, maka PT. Surya Makmur Tunggal Mandiri memiliki bobot yang paling besar dan paling tinggi dan paling layak dijadikan supplier untuk perusahaan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 24 Jul 2019 12:09
Last Modified: 24 Jul 2019 12:09
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2167

Actions (login required)

View Item View Item