PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA PETAK PINTAR PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS V SDLB-B NEGREI CERME GRESIK

KHOIRIYYAH, IZZATUL (2015) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA PETAK PINTAR PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS V SDLB-B NEGREI CERME GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan pengamatan penulis pada anak tunarungu yang memiliki fisik yang sama seperti anak normal. Akan tetapi pendengaran mereka kurang dari 70 dB sehingga mereka mengalami kesulitan atau hambatan dalam proses pembelajaran. Media petak pintar diharap kan dapat membantu anak didik dalam memahami konsep matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran matematika dan mendeskripsikan ketuntasan anak tunarungu setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan media petak pintar pada operasi hitung bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah anak tunarungu kelas V yang berjumlah 3 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti dan lembar tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini adalah (a) Guru menjelaskan tujuan pembelajaran kepada anak didik disertai dengan isyarat dan ucapan guru harus jelas agar bisa di baca/ dipahami anak didik, (b)Guru memperagakan atau mempertunjukka nmedia petak pintar kepada anak didik, (c) Guru memberikan tugas berupa LKS yang difokuskan dengan baik untuk dikerjakan di kelas, (d) Guru mengevaluasi hasil kerja anak didik.Ketuntasan belajar secara klasikal dikatakan tuntas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 02 Aug 2019 10:20
Last Modified: 02 Aug 2019 10:20
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2453

Actions (login required)

View Item View Item