PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP/MTs KECAMATAN BALONGPANGGANG

HARDIANTO, DANAR (2017) PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP/MTs KECAMATAN BALONGPANGGANG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu sarana pendidikan adalah pendidikan formal di sekolah dengan adanya pembelajaran formal di sekolah, individu diharapkan dapat mencapai perkembangan yang optimal. Dalam pembelajaran harus menciptakan suatu perubahan dalam pengetahuan, daya pikir, serta tingkah laku individu. Sedangkan, self efficacy merupakan keyakinan diri (sikap percaya diri) terhadap kemampuan sendiri untuk menampilkan tingkah laku yang akan mengarahkannya kepada hasil yang diharapkan. Karena, Self efficacy mempengaruhi proses berfikir, level motivasi dan kondisi perasaan yang semuanya berperan terhadap jenis performasi yang dilakukan. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP/MTs di Kecamatan Balongpanggang, yang berjumlah 702 peserta didik, sedangkan sampel penelitian sebanyak 212 peserta didik. Dalam hal pengambilan sampel menggunakan teknik stratified proposional random sampling karena populasi merupakan populasi yang berstrata dengan mengambil jumlah sampel 30% dari total populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan tes, sedangkan instrumen yang digunakan adalah angket self efficacy, dan tes hasil belajar matematika. Hasil perhitungan regresi linier sederhana menunjukkan persamaan regresi untuk Y atas X adalah Y = 21,129 + 0,275 X dengan nilai sig.(P-Value) pada uji hipotesis yaitu 0,002 sehingga sig <a (a=0,05). . Hasil uji statistik menunjukkan bahwa 4,5 % self efficacy mempengaruhi hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP/MTs di Kecamatan Balongpangggang.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 05 Aug 2019 01:39
Last Modified: 05 Aug 2019 01:39
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2460

Actions (login required)

View Item View Item