PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII-A SMP ISLAMIC QON

SHOLEKHAH, MAR’ATUS (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII-A SMP ISLAMIC QON. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Beberapa guru beranggapan bahwa kunci dari keberhasilan pembelajaran adalah peserta didik. Peserta didik harus bisa percaya diri dan bertanggung jawab. Kenyataannya, guru kesulitan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab kepada peserta didik. Model pembelajaran yang tepat untuk digunakan adalah Kepala Bernomor Struktur. Model pembelajaran tersebut merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada sikap percaya diri dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk medeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik, hasil belajar peserta didik dan respon peserta didikterhadap pembelajaran kooperatif tipe Kepala Bernomor Struktur. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-A SMP ISLAMIC QON yang berjumlah 28 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, soal tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil analisis data dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe Kepala Bernomor Struktur menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik, aktivitas peserta didik selama pembelajaran dikategorikan baik, ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal tercapai masuk kategori baik, dan respon peserta didik dikatakan baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 05 Aug 2019 01:39
Last Modified: 05 Aug 2019 01:39
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2461

Actions (login required)

View Item View Item