SHOLEKHAH, MAR’ATUS (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII-A SMP ISLAMIC QON. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
BAB I.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Beberapa guru beranggapan bahwa kunci dari keberhasilan pembelajaran adalah peserta didik. Peserta didik harus bisa percaya diri dan bertanggung jawab. Kenyataannya, guru kesulitan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab kepada peserta didik. Model pembelajaran yang tepat untuk digunakan adalah Kepala Bernomor Struktur. Model pembelajaran tersebut merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada sikap percaya diri dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk medeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik, hasil belajar peserta didik dan respon peserta didikterhadap pembelajaran kooperatif tipe Kepala Bernomor Struktur. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-A SMP ISLAMIC QON yang berjumlah 28 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, soal tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil analisis data dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe Kepala Bernomor Struktur menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik, aktivitas peserta didik selama pembelajaran dikategorikan baik, ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal tercapai masuk kategori baik, dan respon peserta didik dikatakan baik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | maysatin may aliah |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 01:39 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 01:39 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2461 |
Actions (login required)
View Item |