PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRATEGI THINK TALK WRITE PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS MENGGUNAKAN MEDIA LIDI KELAS VIII-A MTS NURUL ISLAM PONGANGAN

PURWINTARI, NANING (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRATEGI THINK TALK WRITE PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS MENGGUNAKAN MEDIA LIDI KELAS VIII-A MTS NURUL ISLAM PONGANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I to pdf.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II to pdf.pdf

Download (824kB)
[img] Text
BAB III to pdf.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB IV to pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
BAB V to pdf.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (201kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang akan menentukan kualitas kehidupan seseorang maupun suatu bangsa. Menurut Sanjaya (2006: 65) Tujuan pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik supaya menjadi manusia yang berakhlak mulia, beriman dan bertagwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehat, berilmu, cakap, mandiri, kreatif, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dalam pembelajaran matematika, guru hendaknya merencanakan pengajaran yang membuat peserta didik banyak melakukan aktifitas belajar dan mampu membangkitkan motivasi belajar. Agar hal tersebut dapat terwujud maka perlu diterapkan model dan strategi pembelajaran yang tepat. Model dan strategi pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif strategi Think Talk Write dengan menggunakan media lidi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran ,aktifitas peserta didik selama pembelajaran, dan hasi belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif strategi Think Talk Write dengan menggunakan media lidi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 38 peserta didik. Dilakukan di MTs Nurul Islam Pongangan pada semester ganjil pada materi teorema Pythagoras. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dari seluruh pertemuan memperoleh nilai rata-rata 89,9 sehingga dikategorigan sangat baik. (2) hasil prosentase rata-rata peserta didik selama proses pembelajaran yaitu 62,21% untuk kategori aktif, 23,83% untuk kategoricukupaktif, dan 13,46% untuk kategori tidak aktif. Maka aktifitas peserta didik dapat dikatakan aktif karena lebih dari 50%. (3) ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal adalah 82,35%, berarti menunjukkan bahwa ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai karena lebih dari 80%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 05 Aug 2019 01:50
Last Modified: 05 Aug 2019 01:50
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2465

Actions (login required)

View Item View Item