PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA “AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8” PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS VII

SEPTIANAH, LILIS (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA “AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8” PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS VII. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Mata pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari peserta didik di sekolah. Banyak peserta didik beranggapan bahwa belajar matematika itu susah dan sulit, maka guru diharapkan dapat memberikan situasi dan kondisi yang menyenangkan. Dengan perkembangan ilmu dan teknologi dalam bidang komputer dan banyaknya aplikasi komputer yang dikembangkan untuk pembuatan media pembelajaran berbasis komputer, salah satunya “AutoPlay Media Studio 8”, maka peneliti memanfaatkannya dalam pembuatan media pembelajaran dengan tujuan agar materi yang diberikan ke peserta didik lebih menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan multimedia “AutoPlay Media Studio 8” dengan model ASSURE dan untuk mengetahui hasil akhir dari media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Uji coba terbatas dilakukan di kelas VII-D SMPN 3 Balongpanggang yang berjumlah 32 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah telaah, validasi, tes, angket, wawancara, dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar, lembar analisis karakteristik peserta didik, lembar wawancara dengan guru bidang studi, lembar telaah, lembar validasi, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, angket respon peserta didik, dan soal tes. Hasil analisis data menunjukkan media yang dikembangkan mengalami beberapa perbaikan sesuai saran dari para ahli. Kemudian dilakukan revisi-revisi, sehingga menghasilkan media yang praktis, rata-rata nilai validasi dari ahli materi dan media ≥ 4 dengan kategori sangat valid, aktivitas peserta didik memenuhi kriteria aktif, ketuntasan hasil belajar klasikal terpenuhi, dan respon peserta didik adalah positif. Sehingga media yang telah dikembangkan memenuhi kriteria praktis, valid, dan efektif

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:01
Last Modified: 05 Aug 2019 04:01
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2482

Actions (login required)

View Item View Item