ANALISIS KESULITAN GURU MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS AL - FATICH

ADRIYANI, FITRIYAH (2016) ANALISIS KESULITAN GURU MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS AL - FATICH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
abtrak indo.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (321kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks dimana faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah guru. Posisi guru sesungguhnya tidak sekedar komponen dalam sistem pendidikan, tetapi guru merupakan komponen pengajaran yang memegang peranan penting dan utama, karena keberhasilan proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh faktor guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesulitan-kesulitan guru matematika selama proses pembelajaran matematika serta menganalisis usaha-usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami guru selama proses pembelajaran matematika di MTs Al-Fatich yang bertempat di Osowilangon Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru bidang studi matematika di MTs Al-Fatich Osowilangon Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket, pedoman wawancara, dan alat perekam audiovisual. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa kesulitan-kesulitan yang dialami guru bidang studi matematika di MTs Al- Fatich Osowilangon Surabaya yaitu kesulitan menghadapi perbedaan peserta didik dari segi watak, bahasa, karakter, sopan santun dan IQ dari masing-masing peserta didiknya, kesulitan menemukan metode pengajaran yang cocok untuk diterapkan ketika proses pembelajaran matematika, kesulitan memberikan motivasi pada peserta didik, kesulitan ketika membimbing peserta didik saat proses pembelajaran matematika, kesulitan mengaplikasikan pelajaran yang cocok bagi peserta didik, kesulitan mendapatkan buku bacaan dan alat pengajaran dikarenakan terbatasnya fasilitas di sekolah tersebut, kesulitan dalam mengadakan evaluasi dikarenakan terbatasnya waktu saat proses pembelajaran, kesulitan dalam pengaturan waktu yang tidak sesuai dengan yang direncanakan. Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut, guru-guru bidang studi matematika di MTs Al-Fatich berusaha untuk mampu mengatasi kesulitan-kesulitan dengan berbagai usaha yang dilakukannya.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 05 Aug 2019 05:39
Last Modified: 05 Aug 2019 05:39
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2485

Actions (login required)

View Item View Item