DEWI, HANDAYANI KUSUMA (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE LEARNING CELL TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS AL-FATICH TAMBAK OSOWILANGON. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (297kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Salah satu permasalahan dalam proses pembelajaran adalah pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat, proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru membuat peserta didik menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe the learning cell dapat menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran karena dalam pembelajaran ini peserta didik saling bertanya jawab dengan pasangan sebayanya. Peserta didik juga menjadi lebih mandiri karena mereka mencari informasi sendiri melalui bacaan yang dibacanya. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Fatich Tambak Osowilangon Surabaya. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII MTs Al-Fatich yang berjumlah 128 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket. Dalam hal ini angket digunakan untuk mengetahui data keaktifan peserta didik setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Angket diberikan pada dua kelas yang menjadi sampel penelitian yaitu pada kelas VII C yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the learning cell dan pada kelas VII D yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis data uji homogenitas menunjukkan bahwa data berasal dari populasi yang homogen, dan dari analisis data uji normalitas menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal sehingga analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan Uji-t Dua Sampel Independen. Berdasarkan Uji-t Dua Sampel Independen diperoleh bahwa nilai sig=0,00<0,05 artinya keaktifan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the learning cell lebih baik dari keaktifan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe the learning cell terhadap keaktifan peserta didik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | maysatin may aliah |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 09:09 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 09:09 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2494 |
Actions (login required)
View Item |