KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA DAN MA DI KECAMATAN MENGANTI

Listioningrum, Retno (2017) KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA DAN MA DI KECAMATAN MENGANTI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
viii (abstrak).pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1-7 (BAB 1) fix.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8-26 (BAB II) fix.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
27-34 (BAB III) fix.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text
35-98 (BAB IV) fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
99-100 (BAB V) fix.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
101-104 (DAFTAR PUSTAKA) fix.pdf

Download (387kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sebagian besar siswa SMA dan MA mengalami kesulitan pada saat menyelesaikan masalah matematika, hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan berpikir logis matematis. Kemampuan berpikir logis merupakan salah satu kemampuan berpikir yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Kemampuan berpikir logis matematis adalah kekuatan atau kekuatan atau kesanggupan seseorang untuk mentransfer informasi dengan menghubungkan informasi yang ada secara matematis dalam menemukan suatu kebenaran atau keputusan menggunakan aturan pola atau nalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir logis dalam pemecahan masalah matematika. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA dan MA di Kecamatan Menganti tahun ajaran 2016/2017 dengan subjek sebanyak 182. Penelitian ini menggunakan Tes Operasi Logis (TOL) dan pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian. Hasil analisis data dalam penelitian ini diperoleh bahwa, kemampuan berpikir logis peserta didik paling banyak pada kategori sedang dengan 67 peserta didik atau . Sedangkan capaian indikator paling tinggi pada indikator kompensasi dengan rata-rata 7,6 dan paling rendah pada indikator korelasi dengan rata-rata 2,7. Sehingga dalam hal ini kemampuan berpikir logis peserta didik perlu ditingkatkan lagi baik pada peserta didik maupun guru mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 05 Aug 2019 09:42
Last Modified: 05 Aug 2019 09:42
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2517

Actions (login required)

View Item View Item