IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN DITINJAU DARI TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI

AL KHOFI, QILAM FALASIFAH (2017) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN DITINJAU DARI TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kemampuan penalaran matematika termasuk salah satu dari kemampuan standar yang ditetapkan oleh NCTM (2000). Kemampuan penalaran matematika adalah kesanggupan seseorang untuk melakukan kegiatan atau proses berpikir matematika secara logis dan analitis yang dilakukan individu dengan menghubungkan fakta sehingga menghasilkan kesimpulan berupa pengetahuan baik secara induktif maupun deduktif. Sedangkan kepercayaan diri adalah keyakinan diri terhadap kemampuan yang dimiliki peserta didik dalam menyelesaikan tugas, menghadapi masalah, dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diharapkan. Dalam penelitian ini, kepercayaan diri peserta didik dibagi menjadi 3 tingkatan, yaitu kepercayaan diri tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Duduksampeyan menurut tingkat kepercayaan diri, baik peserta didik yang memiliki kepercayaan diri tinggi, sedang, dan rendah. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 1 Duduksampeyan tahun ajaran 2016-2017. Subjek dipilih dengan membagikan angket kepercayaan diri. Dari hasil angket tersebut, diperoleh peserta didik yang memiliki kepercayaan diri tinggi dengan skor antara 100-111, peserta didik yang memiliki kepercayaan diri sedang dengan skor antara 88-99, dan peserta didik yang memiliki kepercayaan diri rendah dengan skor antara 76-87. Setelah itu subjek diberi soal tes penalaran baik secara tertulis maupun lisan (wawancara). Sedangkan instrumen yang digunakan adalah angket kepercayaan diri, soal tes penalaran matematika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Kemampuan penalaran matematika peserta didik yang memiliki kepercayaan diri tinggi sebesar 78,50% sehingga digolongkan pada kategori tinggi. (2) Kemampuan penalaran matematika peserta didik yang memiliki kepercayaan diri sedang sebesar 70,37% sehingga digolongkan pada kategori tinggi. (3) Kemampuan penalaran matematika peserta didik yang memiliki kepercayaan diri rendah sebesar 56,40% sehingga digolongkan pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:01
Last Modified: 06 Aug 2019 03:01
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2535

Actions (login required)

View Item View Item