PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME

SULAENI, SULAENI (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
7 (ABSTRAK).pdf

Download (87kB)
[img] Text
13 (BAB I ).pdf

Download (171kB)
[img] Text
14 (BAB II ).pdf

Download (332kB)
[img] Text
15 (BAB III).pdf

Download (340kB)
[img] Text
16 (BAB IV).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17 (BAB V).pdf

Download (87kB)
[img] Text
18 (DAFTAR PUSTAKA).pdf

Download (102kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pembelajaran matematika membutuhkan konsep yang baik karena diperlukan pemahaman konsep pada materi sebelumnya untuk dapat memahami konsep yang baru. Untuk memfasilitasi hal tersebut, maka diperlukan bahan ajar yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika salah satunya yaitu dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika. LKS yang digunakan di SMP YPI Darussalam 1 Cerme hanya berisi ringkasan materi dan soal latihan yang dipergunakan hanya untuk menguji penguasaan materi secara teoritis sehingga kurang memfasilitasi peserta didik untuk terlibat dalam penemuan konsep. Oleh karena itu, Lembar Kerja Siswa (LKS) sebaiknya didesain berdasarkan prinsip pembelajaran yang mengajak peserta didik berpikir aktif, salah satunya menggunakan prinsip pembelajaran penemuan terbimbing. Hal ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam memahami konsep matematika melalui keterlibatan aktif saat melakukan kegiatan penemuan, menyusun hipotesis, menguji hipotesis serta menarik kesimpulan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis penemuan terbimbing pada materi segiempat. Pengembangan LKS matematika berbasis penemuan terbimbing dilakukan dengan model pengembangan 4-D menurut Thiagarajan, namun peneliti hanya melakukan 3 tahap yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design) dan tahap pengembangan (Develop). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-B SMP YPI Darussalam 1 Cerme. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa LKS matematika berbasis penemuan terbimbing pada materi segiempat termasuk dalam kategori sangat valid karena rata-rata penilaian para validator adalah 4,19 dan efektif digunakan pada pembelajaran matematika karena persentase ketuntasan belajar peserta didik adalah 75% dikategorikan tuntas serta 91,25% respon peserta didik dikategorikan sangat positif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:02
Last Modified: 07 Aug 2019 02:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2552

Actions (login required)

View Item View Item