AINIYAH, QURROTUL (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE PADA MATERI SPLDV KELAS VIII MTs NURUL ISLAM PONGANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
BAB I.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (417kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pembelajaran matematika masih banyak didominasi oleh aktifitas guru. Hal ini dapat dilihat pada saat guru menjelaskan materi peserta didik cenderung diam, hanya mendengarkan penjelasan dari guru, kurang berani memberikan pendapat pada saat guru memberikan pertanyaan, atau menanggapi jawaban teman lainnya, bahkan takut bertanya walaupun sebenarnya belum paham tentang apa yang dipelajari, tidak merespon saat guru menyajikan pekerjaan yang keliru, peserta didik hanya mengerjakan atau mencatat apa yang diperintahkan oleh guru. Sehingga kemampuan peserta didik dalam memberikan alasan rasional terhadap suatu pernyataan dianggap kurang. Sebagian besar peserta didik juga tidak terbiasa untuk mendeskripsikan masalah matematika. Hal ini menunjukkan kurangnya kemampuan mengilustrasikan ide-ide matematika kedalam bentuk uraian yang relevan. Tentu saja hal ini berpengaruh pada kurangnya kemampuan siswa dalam mengubah bentuk uraian ke dalam model matematika. Mereka hanya menunggu jawaban teman yang dianggapnya lebih pintar atau menunggu jawaban dari guru. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang hasil tugas peserta didik selama mengikuti pembelajaran dan mengetahui hasil belajar peseta didik terhadap pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write pada materi Sistem Persamaan Linier Dua variabel kelas VIII MTs. Nurul Islam. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas VIII MTs. Nurul Islam yang berjumlah 40 peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) dari analisis hasil tugas peserta didik diperoleh peserta didik antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, peserta didik lebih cepat selesai pada saat mengerjakan secara kelompok daripada individu, karena pada saat peserta didik mengerjakan secara kelompok lebih terstruktur daripada saat mengerjakan secara individu, lebih teliti dalam menulis kalimat matematika, lebih teliti dalam menghitung begitu juga dengan hasil penyelesaiannya lebih banyak benar pada saat mengerjakan secara kelompok daripada individu, serta hasil akhir penyelesaiannya lebih banyak benar pada saat kelompok daripada individu (2) hasil tes belajar peserta didik menunjukan bahwa ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal dikatakan tercapai.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | maysatin may aliah |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 02:03 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 02:03 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2561 |
Actions (login required)
View Item |