KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGAJUKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL BERDASARKAN GAYA BELAJAR DI KELAS VII-D SMPN 1 KEBOMAS

FITRIYANI, RAHMADIYAH ARUM (2018) KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGAJUKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL BERDASARKAN GAYA BELAJAR DI KELAS VII-D SMPN 1 KEBOMAS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
abstrak new.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

Bagi sebagian peserta didik matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit. Kesulitan yang dialami peserta didik dalam belajar matematika berbeda-beda. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pengajuan masalah siswa adalah tingkat kreatifitas serta kemampuan siswa, untuk memiliki kreatifitas dan kemampuan matematika yang tinggi maka siswa juga harus belajar. Dalam belajar sendiri setiap siswa memiliki cara yang berbeda-beda untuk menyerap dengan baik apa yang telah dipelajarinya. Cara belajar yang berbeda-beda inilah yang dinamakan Gaya belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam mengajukan masalah matematika konstektual berdasarkan gaya belajar di kelas VII-D SMPN 1 Kebomas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII D SMPN 1 Kebomas sebanyak 32 peserta didik tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah metode tes. Metode tes ini digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam mengajukan masalah matematika konstektual materi bangun datar segi empat. Berdasarkan hasil tes analisis data, maka diperoleh kesimpulan bahwa di kelas VII D SMPN 1 Kebomas pada gaya belajar visual yang memperoleh kategori tertinggi yaitu kategori rekontruksi dengan 38%. Pada gaya belajar aural yang memperoleh kategori tertinggi yaitu kategori reformulasi dengan 33%. Pada gaya belajar read memperoleh dua kategori tertinggi yaitu kategori reformulasi dan rekontruksi dengan 32%. Dan pada gaya belajar kinesthetik yang memperoleh kategori tertinggi yaitu kategori reformulasi dan rekontruksi dengan 33%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 13 Oct 2018 00:04
Last Modified: 08 Mar 2019 01:37
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/261

Actions (login required)

View Item View Item