SYAHIDDAH, DEWI (2017) PENGARUH METODE BERMAIN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK PADA SISWA KELOMPOK BERMAIN MUSLIMAT NU 102 NURUL HUDA DI DESA SAMIRPLAPAN KECAMATAN DUDUK SAMPEYAN KABUPATEN GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (531kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahwasanya seorang anak ketika sudah memasuki jenjang pendidikan prasekolah idealnya sudah bisa belajar hidup mandiri, tidak manja, tidak cenngeng dan berani belajar sendiri tanpa harus didampingi orangtua disampingnya. Namun kenyataannya masih terdapat hampir separuh dari siswa yang belum mandiri masih penakut,pemalu dan tidak mau ditinggal orang tuanya. Hal tersebut akan terbawa amak sampai dewasa apabila dibiarkan tidak dilatih dan dibiasakan untuk hidup mandiri sejak dini.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keberhasilan metode bermain kelompok dalam meningkatkan kemandirian anak pada siswa KBM Muslimat NU 102 Nurul Huda. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dimana metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi, angket, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang berhubungan dengan Kelompok Bermain Muslimat NU 102 Nurul Huda dan uji statistik menggunakan rumus analisis korelasi product moment untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keberhasilan metode bermain kelompok dalam meingkatkan kemandirian anak. Sampel dalam penelitian ini sendiri berjumlah 30 anak dimana pengambilan sampel penelitian ini berdasarkan pendapat Suharsimi Arikunto, yaitu: “Apabila subyeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Selanjutnya jika jumlah subyeknya lebih besar, dapat diambil 10-15%, atau 20-25%, atau lebih”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis korelasi tersebut dapat diketahui pengaruh keberhasilan metode bermain kelompok dalam meningkatkan kemandirian anak sebesar 0,490 yang artinya terdapat korelasi positif antara variabel X terhadap variabel Y yang berkisar 0,20 – 0,40 yang tergolong cukup.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Islamic Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | maysatin may aliah |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 02:35 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 02:35 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2740 |
Actions (login required)
View Item |