UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKULIKULER TARTIL AL-QURAN DI SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME GRESIK

Putri, Meydi Ariefana (2017) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKULIKULER TARTIL AL-QURAN DI SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Al-Qur'an adalah kitab suci Agama Islam yang Allah jamin isi dan keasliannya. Dengan adanya jaminan ini bukan berarti ummat Islam bisa tinggal diam dan membiarkan sunnatullah tersebut tanpa berusaha untuk menjaga keasliannya dari orang-orang jahil yang berusaha mengotori. Menghafal merupakan salah satu cara untuk melindungi keaslian Al-Qur'an. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana cara meningkatkan motivasi ekstarkulikuler tartil pada peserta didik di SMP Muhammadiyah 7 Cerme Gresik ? Apa faktor yang mepengaruhi peningkatan motivasi siswa dalam mengikuti ektrakulikuler tartil pada peserta didik di SMP Muhammadiyah 7 Cerme Gresik ? Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka mencari hubungan antara factor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam mengikuti ektra BTQ dengan kemampuan Hafalan Al-Qur'an. Adapun manfaatnya dibagi menjadi dua, secara teoritis dan secara praktis. Secara teoritis penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan bagi para peneliti yang ingin meneliti lebih dalam tentang hubungan kemampuan hafalan Al-Qur'an dengan prestasi pelajaran matematika, dan secara praktis dapat menjadi bahan pemikiran dan bahan masukan bagi pendidik. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket. Sedangkan teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan analisa korelasi product moment. Yang mana dalam penghitungannya menggunakan cara manual dan memperkuat hasil digunakan pula tabel prosedur penelitian. Penelitian korelasi prestasi matematika dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an berdasarkan taraf siknifikan 5% dan N 24, ternyata angka batas penolakan nilai r tabel adalah 0,244 sedangkan taraf sigknifikan 1% dan N 24 adalah 0,317 maka diketahui r hitung 0,196 lebih kecil dari r table, dan hal ini menunjukkan tidak adanya korelasi yang signifikan dari kegiatan ektstra BTQ kemampuan menghafal Al -Qur’an pada siswa SMP Muhammadiyah 7 Cerme Gresik. Dari pembuktian nilai r diperoleh 0,196 yang apabila dikonsultasikan dengan data interval dikatakan pengaruh yang sangat rendah. Dengan demikian, tidak ada factor yang mempengaruhi ekstra tartil BTQ dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada siswa. Hal ini berarti hipotesis alternative ditolak dan hipotesis nihil diterima. Jadi kesimpulannya adalah bahwa kegiatan ekstra tartil BTQ banyak diminati dengan kemampuan menghafal Al- Qur’an pada siswa SMP Muhammadiyah 7 Cerme Gresik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Islamic Education
Islamic Religion
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 23 Aug 2019 11:36
Last Modified: 23 Aug 2019 11:36
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2768

Actions (login required)

View Item View Item