PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI PENGURANGAN DUA BILANGAN DI KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH 1 GRESIK

Rachmawati, Indah (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI PENGURANGAN DUA BILANGAN DI KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH 1 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar peserta didik SD Muhammadiyah 1 Gresik menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang cukup sulit, sehingga para orang tua berusaha membantu putra-putrinya dengan cara mengikutkan putra-putrinya les tambahan. Oleh karena itu penting bagi seorang guru untuk memanipulasi suasana pembelajaran sehingga pembelajaran dapat efektif. Salah satu cara untuk menciptakan pembelajaran yang efektif adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Maka dari itu peneliti menggunakan Macromedia Flash sebagai media pembelajaran, karena Macromedia Flash mempunyai animasi gambar dan suara yang memberikan nuansa pembelajaran matematika menjadi menyenangkan dan pembelajaranpun menjadi efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, aktifitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran, hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dan respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan Macromedia Flash di SD Muhammadiyah 1 Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I-1 SD Muhammadiyah 1 Gresik tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 25 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, soal tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian pembelajaran matematika menggunakan Macromedia Flash pada materi pengurangan dua bilangan menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik, aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran dikatakan baik, ketuntasan belajar peserta didik selama mengikuti pembelajaran tidak tuntas dan respon peserta didik terhadap pembelajaran dikatakan positif. Karena dari empat indikator tersebut kesemuanya tercapai, maka penerapan model pembelajaran dengan Macromedia Flash pada materi pengurangan dua bilangan di SD Muhammadiyah 1 Gresik dinyatakan baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Additional Information: Indah Rachmawati (08421018)
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash dan pembelajaran
Subjects: Islamic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 26 Aug 2019 12:27
Last Modified: 26 Aug 2019 12:27
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2805

Actions (login required)

View Item View Item