RIZA, LUPITA ULIMA (2016) PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI PENGGUNA GADGET. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Download (208kB) | Preview |
|
Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
|
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk untuk mengetahui gambaran bagaimana perkembangan sosial anak-anak usia dini yang terbiasa menggunakan gadget dalam kesehariannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif terhadap siswa-siswa Pos PAUD Terpadu (PPT) BAHARI Morokrembangan Surabaya sebagai unit analisis, sedangkan unit observasi adalah melihat dari dekat tentang kebiasaan anak-anak usia dini dalam menggunakan gadget tersebut. Fokus dalam penelitian ini anak-anak usia dini usia 4-5 tahun, mengingat pada anak usia dini, merupakan periode emas perkembangan kepribadian anak, yang apabila tidak ditata dan diamati perkembangannya dikhawatirkan akan mempengaruhi kepribadiannya kelak bila sudah dewasa. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Nara sumber wawancara berasal dari para guru dan orang tua siswa PPT BAHARI. Analisis data menggunakan analisis model interaktif yang reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Data dianalisis secara kualitatif diskriptif untuk menguji dan menganalisa sejauhmana pengaruh gadget pada perkembangan sosial anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa perkembangan sosial anak pengguna gadget memang menunjukkan hambatan dalam perkembangan sosialnya. Anak enggan berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang tua, kerabat atau teman sebayanya, dan hampir semua waktunya tidak bisa lepas dari menggunakan gadget. Namun bila orang tua atau lingkungan memberi kesempatan pada anak untuk lebih leluasa melakukan kegiatan lain di luar gadget, maka anak pun akan terpengaruh. Karena itu perlu adanya perhatian serius dari para pendidik dan orang tua agar anak tidak terbiasa menggunakan gadget dalam setiap kegiatannya, dengan lebih banyak menyediakan kegiatan lain dan menjalin komunikasi interaktif dengan orang tua, kerabat dan teman sebayanya. Kata Kunci : Gadget, Perkembangan Sosial, Anak Usia
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | maysatin may aliah |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 04:02 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 04:02 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2858 |
Actions (login required)
View Item |