USULAN STRATEGI PEMASARAN UKM BU MUZANA DENGAN PENGGUNAAN METODE ANALISIS SWOT MATRIKS IFE DAN EFE DAN ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS ( Studi Kasus : UKM Bu Muzana)

Hidayatullah, Alif Rachmad (2019) USULAN STRATEGI PEMASARAN UKM BU MUZANA DENGAN PENGGUNAAN METODE ANALISIS SWOT MATRIKS IFE DAN EFE DAN ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS ( Studi Kasus : UKM Bu Muzana). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK JILID.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I JILID.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II JILID.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III JILID.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
BAB IV JILID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
bab V JILID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI JILID.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA JILID.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

UKM Bu Muzana merupakan industri kecil yang bergerak di bidang kuliner olahan ikan bandeng yang berada di desa Lumpur kecamatan Gresik. Pembuatan olahan ikan bandeng ini merupakan usaha turun-temurun, strategi yang diterapkan UKM Bu Muzana untuk pemasaran produknya sudah bagus, akan tetapi pada akhir tahun tahun 2018 tepatnya dibulan September sampai februari 2019,UKM Bu Muzana mengalami penurunan penjualan produknya, hal tersebut dapat disebabkan oleh munculnya beberapa pesaing di produsen yang sama, untuk itu perusahaan dituntut untuk merencanakan strategi-strategi pemasaran yang lebih baik lagi. Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan strategi pemasaran sesuai dengan kondisi internal dan eksternal perusahaan. Analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal dapat dijadikan acuan utama untuk melakukan perbaikan strategi pemasaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT . Didalam analisis SWOT terdapat beberapa matrik yaitu matrik lFE & EFE, digunakan untuk mencari bobot skor, Matrik l-E, digunakan untuk mencari divisi sel perusahaan, dan Matrik SWOT untuk memformulasikan alternatif strategi. Penentuan bobot prioritas menggunakan AHP dengan bantuan Expert Choice 11. Untuk menggetahui alternatif strategi yang dihasilkan dari matrik SWOT. Dari Penelitian yang dihasilkan, diperoleh bobot skor matrik IFE sebesar 2,269 sedangkan pada matrik EFE diperoleh bobot skor sebesar 2,266. Dari bobot skor yang telah diperoleh, perusahaan bisa melaksanakan strategi mempertahankan dan memelihara. Dari formulasi matrik SWOT didapatkan empat alternatif strategi yang akan ditentukan bobot prioritas menggunakan AHP. dari hasil running Expert Choice ll, strategi SO mendapat bobot tertinggi dengan skor 0,400, perusahaan dapat memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada. strategi SO diantaranya menjaga hubungan baik dengan tenaga kerja, pemasok, buyers dan distributor yang memanfaatkan teknologi sebagai alat promosi guna memperluas pasar. Strategi SO diharapkan bisa meningkatkan penjualan olahan ikan bandeng di UKM Bu Muzana.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, AHP
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 02 Oct 2019 06:41
Last Modified: 02 Oct 2019 06:41
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3135

Actions (login required)

View Item View Item