TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RUMAH SAKIT INTAN MEDIKA LAMONGAN

AINIYAH, NURUL (2019) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RUMAH SAKIT INTAN MEDIKA LAMONGAN. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB III.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img]
Preview
Text
8. BAB V.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Pelayanan farmasi rumah sakit merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang utuh dan berorientasi kepada pelayanan pasien. Peningkatan pelayanan farmasi dapat diartikan sebagai peningkatan kepuasan pasien akan pelayanan kefarmasian. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Intan Medika Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh pasien rawat jalan yang menebus resep di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Intan Medika Lamongan. Sampel penelitian adalah 97 pasien rawat jalan yang menebus resep di instalasi farmasi, dengan metode accidental sampling. Variabel tingkat kepuasan dengan subvariabel kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Pengumpulan data dengan kuesioner yang sudah divalidasi, analisis data menggunakan rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan pelayanan resep rawat jalan pada dimensi reliability adalah puas sebesar 80,30%, dimensi responsiveness adalah puas sebesar 76,89%, dimensi asssurance adalah puas sebesar 77,89%, dimensi emphaty adalah sangat puas sebesar 81,64%, dimensi tangible adalah puas sebesar 77,49% dan tingkat kepuasan pasien adalah puas sebesar 78,83%. Pelayanan farmasi yang perlu mendapatkan perhatian khusus untuk diperbaiki adalah pada dimensi responsiveness yaitu petugas harus segera memberikan informasi obat setelah obat selesai diracik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pasien Rawat Jalan, Resep Rawat Jalan, Tingkat kepuasan
Subjects: Health
Health > Pharmacy
Divisions: Faculty of Health > Pharmacy Program Study
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 22 Oct 2019 07:13
Last Modified: 17 May 2020 07:22
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3251

Actions (login required)

View Item View Item