PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD MA’ARIF NU 45

SISWANTI, EVANIA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD MA’ARIF NU 45. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK BHS INDONESA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)

Abstract

Melihat hasil belajar yang di peroleh peneliti melalui kegiatan observasi yaitu data nilai kemampuan menceritakan kembali 14 dari 23 peserta didik dibawah KKM. Banyaknya peserta didik yang tidak mendapat nilai diatas KKM. Hal tersebut dapat terjadi disebabkan oleh materi pada menceritakan kembali isi dongeng disampaikan tanpa model pembelajaran yang inovatif. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan model pembelajaran snowball throwing pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemamuan menceritakan kembali isi dongeng pada peserta didik kelas II SD Ma’arif NU 45 Benjeng Gresik tahun pelajaran 2018-2019 menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Subjek penelitian sebanyak 23 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindalkan kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Adapun tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: 1) tahap perencanaan 2) tahap pelaksanaan 3) tahap observasi 4) tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis menceritakan kembali isi dongeng. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis tes hasil belajar peserta didik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil kemampuan menceritakan kembali isi dongeng yang telah dilakukan pada siklus 1 ketuntasan klasikal mencapai 69,60%. Sedangkan pada siklus 2 mencapai ketuntasan klasikal yakni sebesar 86,95%. Peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi dongeng pada siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan yakni sebesar 17,35%. Sudah mencapai indikator keberhasilan sesuai dengan KKM yang sudah di tetapkan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menceritakan kembali, model pembelajaran Snowball Throwing,
Subjects: Early Childhood Education
Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 23 Oct 2019 09:01
Last Modified: 23 Oct 2019 09:01
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3262

Actions (login required)

View Item View Item