OKVIYANTI, YOLANDA DWI (2018) PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode Index Card Match pada pelajaran matematika di kelas IV. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Arikunto yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdapat sebanyak 30 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes hasil belajar dengan menggunakan instrumen penilaian berupa lembar tes hasil belajar, lembar observasi guru, dan lembar observasi peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas IV. Hasil belajar peserta didik diukur dengan tes hasil belajar yang diberikan pada akhir setiap siklus. Hasil belajar peserta didik secara klasikal sudah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 80 %. Aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan penerapan metode index card match sudah keberhasilan dengan kriteria ang baik. Aktivitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran dengan penerapan metode index card match mencapai keberhasilan kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan metode index card match dan hasil belajar |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 02:03 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 02:03 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3302 |
Actions (login required)
View Item |