PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS VIII SMP

NINGTIAS, PUTRI WAHYUNI (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS VIII SMP. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 mengimplementasikan pendekatan saintifik. Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran perlu didukung suatu bahan ajar. Berdasarkan informasi yang diperoleh bahwa pendidik masih kesulitan untuk menerapkan pendekatan saintifik serta bahan ajar yang digunakan berupa buku paket dari pemerintah dan belum ada bahan ajar untuk memandu kegiatan peserta didik dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika dalam bentuk modul berbasis pendekatan saintifik pada materi pola bilangan untuk kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu (1) define, (2) design, (3) develop, (4) disseminate. Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Kelayakan dari bahan ajar dilihat dari aspek validitas dan efektifitas. Validitas didapatkan dari hasil validasi oleh dosen pendidikan matematika dan guru matematika. Efektifitas diperoleh dari hasil belajar dan angket respon peserta didik. Uji coba dilakukan pada kelas VIII-B SMPN 1 Duduksampeyan dengan 31 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan dengan hasil uji validasi yang memperoleh nilai 90 % dalam kategori sangat layak. Hasil uji efektifitas ditinjau dari ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 81 % dan ditinjau dari angket respon peserta didik yang memperoleh hasil sebesar 86,7 % dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul, Pendekatan Saintifik, Model Pengembangan 4D
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 06 Nov 2019 01:15
Last Modified: 06 Nov 2019 01:15
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3334

Actions (login required)

View Item View Item