PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV DI MINU LUMPUR GRESIK

MASLIZA, NOR (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV DI MINU LUMPUR GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2. abstrak.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
bab II.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (89kB)

Abstract

IPS merupakan salah satu bidang studi yang konsepnya berisi gejala sosial dan penuh materi yang bersifat abstrak. Banyak penelitian yang berhubungan dengan hasil belajar IPS yang mana telah ditimbangkan sebagai faktor perbedaan cara peserta didik terhadap pelajaran. Masalah pembelajaran IPS di sekolah adalah kurangnya peserta didik dalam memahami materi. Jadi, dalam pembelajarannya harus menerapkan model yang bervariasi. Salah satunya yaitu dengan menggunakan model mind mapping berbantuan media gambar. Berdasarkan Penelitian sebelumnya, Mind Mapping memberi pengaruh positif. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan signifikan efek penggunaan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPS. Populasi penelitian ini adalah kelas IV di Minu Lumpur Gresik Tahun Ajaran 208/2019. Peneliti memilih subjek dengan menggunakan Population Sampling Technique. Sampel di penelitian ini adalah IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 26 dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 26. Ada dua nama grup yaitu grup eksperimen dan grup kontrol Data dikumpulkan dengan cara pre-test dan post-test pada kedua group. Hasil rata-rata dari post-test menyajikan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen adalah 80,00 sedangkan kelas kontrol adalah 71,35. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kelompok eksperimen dan Kontrol ada perbedaan di kemampuan mereka setelah diberi treatment. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa “ada bukti yang cukup untuk mengatakan bahwa kemampuan hasil belajar IPS antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berbeda secara signifikan pada level 5%.” Penelitian ini memberi saran kepada guru agar dapat menenerapkan model mind mapping untuk menghindari kegiatan monoton dalam mengajar dan untuk membuat peserta didik lebih kreatif dengan ide mereka. Di model ini terdapat pengaruh positif yaitu meningkatkan hasil belajar. Untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan Model Mind Mapping pada materi pelajaran lain selain IPS dengan memodifikasi media gambar sehingga dapat menyempurnakan penelitian.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Media Gambar, Hasil Belajar IPS
Subjects: Early Childhood Education
Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 13 Nov 2019 12:53
Last Modified: 13 Nov 2019 12:53
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3354

Actions (login required)

View Item View Item