PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDN SIDOMUKTI KECAMATAN BUNGAH

Masyita, Wahibah Rahmah (2019) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDN SIDOMUKTI KECAMATAN BUNGAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Wahibah Rahmah Masyita (NIM. 14442029). Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Pada Peserta Didik Kelas II SDN Sidomukti Bungah. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Gresik. Pembimbing (1) Nur Fauziyah, M.Pd. Pembimbing (II) Arissona Dia Indah Sari, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep ipa melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada peserta didik kelas II SDN Sidomuti Bungah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti berupaya untuk meningkatkan pemahaman konsep dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN Sidomukti Bungah yang berjumlah 18. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil pengamatan observasi guru mendapat presentase rata-rata 80,00%, pada hasil pengamatan observasi peserta didik mendapat presentase rata-rata 80,33% dan tes pemahaman konsep mendapat presentase rata-rata 83,33%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menggunakan I siklus, karena dari hasil observasi guru, observasi peserta didik dan tes pemahaman konsep sudah mencapai indikator keberhasilan dan dan dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA pada peserta didik kelas II SDN Sidomukti Bungah

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Totegther)
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 13 Nov 2019 12:53
Last Modified: 13 Nov 2019 12:53
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3357

Actions (login required)

View Item View Item