Maliana, Heffy (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS KELAS II SD MUHAMMADIYAH 2 DUKUN-GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (427kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran STAD pada peserta didik kelas II SD Muhammadiyah 2 Dukun-Gresik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes dengan menggunakan instrumen penilaian berupa lembar aktivitas guru, lembar aktivitas peserta didik, dan tes hasil belajar siswa. Hasil belajar peserta didik secara klasikal sebesar 80% dan sudah mencapai indikator keberhasilan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran IPS mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan bagi guru SD untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil balajar IPS
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran STAD pada peserta didik kelas II SD Muhammadiyah 2 Dukun-Gresik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes dengan menggunakan instrumen penilaian berupa lembar aktivitas guru, lembar aktivitas peserta didik, dan tes hasil belajar siswa. Hasil belajar peserta didik secara klasikal sebesar 80% dan sudah mencapai indikator keberhasilan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran IPS mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan bagi guru SD untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil balajar IPS. |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 12:53 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 12:53 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3358 |
Actions (login required)
View Item |