PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS KELAS II SD MUHAMMADIYAH 2 DUKUN-GRESIK

Maliana, Heffy (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS KELAS II SD MUHAMMADIYAH 2 DUKUN-GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran STAD pada peserta didik kelas II SD Muhammadiyah 2 Dukun-Gresik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes dengan menggunakan instrumen penilaian berupa lembar aktivitas guru, lembar aktivitas peserta didik, dan tes hasil belajar siswa. Hasil belajar peserta didik secara klasikal sebesar 80% dan sudah mencapai indikator keberhasilan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran IPS mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan bagi guru SD untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil balajar IPS

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran STAD pada peserta didik kelas II SD Muhammadiyah 2 Dukun-Gresik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes dengan menggunakan instrumen penilaian berupa lembar aktivitas guru, lembar aktivitas peserta didik, dan tes hasil belajar siswa. Hasil belajar peserta didik secara klasikal sebesar 80% dan sudah mencapai indikator keberhasilan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran IPS mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan bagi guru SD untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil balajar IPS.
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 13 Nov 2019 12:53
Last Modified: 13 Nov 2019 12:53
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3358

Actions (login required)

View Item View Item