Agustin, Nika Satrisna (2019) Penggunaan media wayang kertas untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita melalui metode demonstrasi peserta didik kelas II SD Muhammadiyah Benjeng Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (314kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) | Preview |
Abstract
Melihat hasil belajar yang diperoleh peneliti melalui kegiatan observasi yaitu data nilai keterampilan menyimak cerita 10 dari 18 peserta didik dibawah KKM. Banyaknya peserta didik yang tidak mendapat nilai diatas KKM, hal tersebut dapat terjadi disebabkan oleh materi abstrak pada keterampilan menyimak cerita yang disampaikan tanpa media. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan penggunaan media pada penelitian ini. Penelitian Ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita peserta didik dengan menggunakan media wayang kertas melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak 1 siklus 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes evaluasi keterampilan menyimak cerita. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Benjeng Gresik. Subjek dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas II yang berjumlah 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes evaluasi keterampilan menyimak cerita. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes tertulis berbentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis tes hasil belajar peserta didik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tingkat hasil belajar keterampilan menyimak cerita mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu dengan KKM 85%. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil tes keterampilan menyimak cerita pada siklus I pertemuan pertama dengan ketuntasan belajar dengan presentase ketuntasan 33,3% dan peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar dengan presentase 66,7%. Pada pertemuan kedua hasil belajar peserta didik ini meningkat yaitu ketuntasan belajar 16 dari 18 peserta didik yang telah mencapai ketuntasan hasil belajar dengan presentase ketuntasan 89,9% sudah mencapai indikator keberhasilan sesuai dengan KKM yang sudah ditetapkan oleh sekolah.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Wayang Kertas, Keterampilan Menyimak Cerita, metode Demonstrasi |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 13:08 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 13:08 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3364 |
Actions (login required)
View Item |