PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TURUNAN KELAS XI-B SMA AL AZHAR SURABAYA

MUHDHOR, M. HUSSEIN AL (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TURUNAN KELAS XI-B SMA AL AZHAR SURABAYA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena peserta didik masih banyak yang kurang aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut diindikasikan karena proses pembelajaran yang kurang menyenangkan terlebih lagi peserta didik yang berkemampuan rendah. Ditinjau dari segi kesempurnaan, peserta didik yang berkemampuan rendah ini cenderung memiliki cara berfikir yang lebih lambat dan memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah. Oleh karena itu, digunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan cara membagi peserta didik kedalam tiga kelompok yakni kelompok peserta didik berkemampuan tinggi, kelompok peserta didik berkemampuan sedang, dan kelompok peserta didik berkemampuan rendah. Setiap kelompok memiliki perlakuan yang berbeda disesuaikan dengan kemampuannya guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) materi turunan kelas XI-B SMA AL AZHAR Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI-B SMA AL AZHAR Surabaya tahun pelajaran 2017-2018 yang terdiri dari 39 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik SMA AL AZHAR Surabaya Kelas XI-B, karena peserta didik menjadi sangat aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan aktivitas pada siklus I dan siklus II yang dilakukan kepada peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik termasuk dalam kategori baik dan baik sekali sudah meningkat diatas 70% yakni pada siklus I yang masih 41,02% belum memenuhi ketuntasan klasikal pada siklus II sudah memenuhi ketuntasan klasikal yaitu 74,36%. Sedangkan hasil belajar belajar peserta duduk juga memperoleh peningkatan. Berdasarkan hasil tes awal, tes hasil siklus I dan tes hasil siklus II yang dilakukan kepada peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik yang berkategori tuntas sudah meningkat diatas 70% yakni pada tes awal hanya ada 5 peserta didik yaitu 12,82%, pada siklus I terdapat 6 peserta didik yang tuntas yaitu 15,38% dan siklus II sudah memenuhi ketuntasan klasikal terdapat 32 peserta didik yang tuntas yaitu 82,05%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aptitude Treatment Interaction, Aktivitas, Hasil Belajar, Turunan
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 28 Nov 2019 12:49
Last Modified: 28 Nov 2019 12:49
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3394

Actions (login required)

View Item View Item