Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII UPT SMP Negeri 2 Gresik

Amalia, Fitri (2020) Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII UPT SMP Negeri 2 Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
1.pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (442kB)
[img] Text
2.halaman pengesahan.pdf

Download (125kB)
[img] Text
3.lembar persetujuan publikasi.pdf

Download (208kB)
[img] Text
4. halaman judul.pdf

Download (927kB)
[img] Text
5.BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
6.BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7.BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
9.BAB V.pdf

Download (333kB)
[img] Text
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)
[img] Text
11.lampiran.pdf

Download (8MB)

Abstract

Peserta didik merasakan bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang menakutkan dan sulit, sehingga peserta didik sulit memahami materi yang diberikan. Hal itu dikarenakan model pembelajaran yang digunakan pendidik adalah model pembelajaran konvensional. Dengan pembelajaran tersebut menyebabkan peserta didik kurang termotivasi dalam belajar. Untuk memotivasi peserta didik maka diperlukan media pembelajaran yang dapat mengikuti perkembangan teknologi sekarang yaitu media pembelajaran yang menggunakan teknologi komputer seperti menggunkan software macromedia flash. Salah satu materi yang dapat digunakan dalam software ini adalah aritmetika sosial. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan mengetahui hasil pengembangan multimedia interaktif menggunakan macromedia flash pada materi aritmatika sosial kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII-E UPT SMPN 2 Gresik sebanyak 30 peserta didik tahun pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode wawancara, metode angket, dan metode evaluasi. Metode wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dan mendeskripsikan laporan rancang bangun perkembangan pengembangan multimedia interaktif. Metode angket digunakan untuk mengetahui karakteristik peserta didik, untuk mengetahui media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria kevalidan, memenuhi kriteria kepraktisan, dan kriteria keefektifan. Sedangkan metode evaluasi digunakan untuk mengetahui hasil evaluasi sebelum menggunakan media dan sesudah menggunakan media apakah hasil evaluasi itu menurun atau meningkat. Hasil penelitian ini adalah media dikatakan valid berdasarkan penilaian kevalidan oleh ahli materi sebesar 93,33% dan ahli media sebesar 82,5%. Media ini juga dikatakan praktis berdasarkan penilaian kepraktisan oleh ahli bahwa media dapat digunakan dengan sedikit revisi (ahli media) dan dapat digunakan tanpa revisi (ahli materi). Media ini juga dikatakn efektif berdasarkan hasil angket respon peserta didik sebesar 89,58% dalam kategori sangat baik dan hasil evaluasi yang mengalami peningkatan dalam ketegori tinggi yaitu 0,8.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, macromedia flash, dan Aritmetika Sosial
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Fitri Amalia
Date Deposited: 26 Jun 2020 02:11
Last Modified: 26 Jun 2020 02:11
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3662

Actions (login required)

View Item View Item