PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK KOMIK MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII MTs ANNURIYYAH

Nikmawati, Erlin (2018) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK KOMIK MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII MTs ANNURIYYAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (868kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (257kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian pembuatan media ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media komik yang dikembangkan sebagai media pembelajaran pada materi pecahan kelas VII MTs Annuriyah. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Annuriyah dan diujicoba secara terbatas kepada 33 peserta didik di kelas VII MTs Annuriyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Research and Development (R&D). Kelayakan dari media komik ini dilihat dari aspek validitas, efektivitas, dan kepraktisan. Validitas didapatkan dari hasil validasi dosen dan guru, efektivitas didapatkan dari hasil belajar peserta didik, serta kepraktisan didapatkan dari hasil angket respon peserta didik selama menggunakan media komik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media komik yang dikembangkan layak digunakan, dibuktikan dengan data hasil validasi yang ditinjau dari kriteria isi, bahasa dan penyajian berturut-turut memperoleh persentase sebesar 92,5%; 78%; dan 81,82% termasuk dalam kategori layan dan sangat layak; aspek efektivitas ditinjau dari hasil ketuntasan belajar peserta didik memperoleh persentase sebesar 78,78% dengan kategori layak dan peningkatan hasil belajar sebanyak 84,84% peserta didik memperoleh nilai gain sebesar 0,3-0,7 dengan kategori sedang dan 15,16% peserta didik memperoleh nilai gain ≥ 0,7 dengan kategori tinggi; dan aspek kepraktisan media komik ditinjau berdasarkan kriteria isi, bahasa, dan penyajian yang berturut-turut memperoleh persentase sebesar 93,49%, 98,98%, dan 97,72% termasuk dalam kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2018 08:36
Last Modified: 08 Mar 2019 01:40
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item View Item