PENGEMBANGAN MEDIA PETUALANGAN SUSI BERBASIS MACROMEDIA FLASH DI KELAS I SEKOLAH DASAR

Nurvitasari, Dwi (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PETUALANGAN SUSI BERBASIS MACROMEDIA FLASH DI KELAS I SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2020_TA_PGSD_16441057_Halaman Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (407kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (214kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_16441057_Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal Mahasiswa.pdf

Download (374kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (369kB)
[img] Text
1.BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
2.BAB II.pdf

Download (683kB)
[img] Text
3.BAB III.pdf

Download (397kB)
[img] Text
4. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
5.BAB V.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nurvitasari. 2020 Pengembangan Media Petualangan Susi berbasis Macromedia Flash di Kelas I Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Gresik. Pembimbing (I) Nataria Wahyuning Subayani, M.Pd., pembimbing (II) Iqnatia Alfiansyah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Petualangan Susi berbasis macromedia flash di kelas I Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE meliputi analisis (analyze), perencanaan (design), pengembangan (develop), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I UPT SDN 51 Gresik sebanyak 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data dan instrumen menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil analisis data diperoleh bahwa pengembangan media pembelajaran Petualangan Susi berbasis macromedia flash sesuai dengan kualitas media pembelajaran, yaitu: a) hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan validator (guru kelas dan orang yang ahli dibidangnya) memperoleh rata-rata persentase 89,2% dapat dikategorikan valid, b) media pembelajaran dikategorikan efektif dengan perolehan ketuntasan belajar klasikal 85%, dan hasil persentase angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis macromedia flash sebesar 90, 9%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model ADDIE, Petualangan Susi
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Ms Dwi Nurvitasari
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:25
Last Modified: 06 Aug 2020 03:25
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3729

Actions (login required)

View Item View Item