Novalinda, Rizka Dwi (2020) PROFIL KOMUNIKASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (717kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (796kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan profil komunikasi matematika peserta didik yang memiliki kemampuan matematika dengan kategori tinggi. Subjek penelitian ini adalah dua peserta didik kelas VIII-A MTs Masyhudiyah Giri tahun ajaran 2019/2020, yaitu masing-masing 1 peserta didik laki-laki dan 1 peserta didik perempuan yang memiliki kemampuan matematika kategori tinggi. Instrumen pendukung dalam penelitian ini terdiri atas lembar tes kemampuan matematika, lembar tes komunikasi matematika, dan pedoman wawancara berbasis tugas. Data dianalisis berdasarkan komunikasi matematika yang muncul pada setiap langkah pemecahan masalah oleh Polya. Berdasarkan analisis data jawaban tertulis dan wawancara, diperoleh deskripsi komunikasi matematika peserta didik sebagai berikut: (1) Profil komunikasi matematika peserta didik laki-laki berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika adalah peserta didik memahami dan menyatakan ide matematika dengan cara merefleksikan benda nyata dan menggambarkannya dalam bentuk visual dari sudut pandang tampak samping, menginterpretasikan gambar ke dalam simbol atau bahasa matematika dengan cara menulis informasi apa saja yang diketahui dan yang ditanyakan pada soal dengan menggunakan simbol atau bahasa matematika, menggunakan notasi dan simbol dengan cukup benar karena terdapat penulisan yang tidak konsisten dalam melaksanakan salah satu langkah penyelesaiannya, memeriksa kembali dengan cara menjelaskan kembali langkah-langkahnya secara singkat yang penyampaiannya sangat lancar, dan dapat menyimpulkan hasil akhir dengan cara merelasikan dengan apa yang ditanyakan pada soal meskipun dengan cukup lengkap. (2) Profil komunikasi matematika peserta didik perempuan berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika adalah peserta didik memahami dan menyatakan ide matematika dengan cara merefleksikan benda nyata dan menggambarkannya dalam bentuk visual dari sudut pandang tampak depan, menginterpretasikan gambar ke dalam simbol atau bahasa matematika dengan cara menulis informasi apa saja yang diketahui dan yang ditanyakan pada soal dengan menggunakan simbol atau bahasa matematika, menggunakan notasi dan simbol dengan benar karena terdapat penulisan yang konsisten dalam melaksanakan langkah-langkah penyelesaiannya, memeriksa kembali dengan cara menjelaskan kembali langkah-langkahnya secara singkat meskipun dalam penyampaiannya kurang lancar, dan dapat menyimpulkan hasil akhir dengan cara merelasikan dengan apa yang ditanyakan pada soal secara lengkap.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profil, komunikasi, matematika, jenis kelamin. |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Rizka Dwi Novalinda |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 11:46 |
Last Modified: | 25 Aug 2020 11:46 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3758 |
Actions (login required)
View Item |